• header
  • header

Selamat Datang di Website SMK Teladan : Usaha Perjalanan Wisata dan Akomodasi Perhotelan | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teladan

NPSN : 20101490

Jl. Anggrek Cendrawasih XI No.28 Slipi Jakarta Barat


smip_teladan@yahoo.com

TLP : 021-53690397


          

Banner

Agenda

17 December 2018
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

Statistik


Total Hits : 16976
Pengunjung : 7709
Hari ini : 7
Hits hari ini : 39
Member Online : 1
IP : 52.91.185.49
Proxy : -
Browser : Opera Mini

SEJARAH SINGKAT SMK TELADAN

 

Pendidikan merupakan satu komoditi yang selalu laris menjadi bahan perbincangan dan dibutuhkan setiap lapisan masyarakat. Yang menjadi permasalahan adalah berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah untuk hal ini, karena keterbatasan ekonomi masyarakat dan daya beli masyarakat yang rendah sebagai akibat langsung dari kondisi ekonomi Indonesia yang berdampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Ukuran kualitas mengarah pada upaya perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas sumber daya manusia yang beriman, berilmu, cerdas, terampil dan mampu menghadapi berbagai masalah dan tantangan hidup di masa sekarang dan yang akan datang.

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu menusia beriman, bertaqwa terhdap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan , sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan . Pendidikan Nasional juga harus mampu menumbuhkan jiwa patriotisme, nasionalisme dan rasa kesetia kawanan sosial .

Sejalan dengan itu Yayasan Golden Nusantara Jakarta melihat dan merasa terpanggil untuk ikut serta bersama-sama mensukseskan tujuan pendidikan tersebut yakni dengan mendirikan satu Yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan, mengingat semakin tingginya jumlah siswa yang menamatkan pendidikan dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) setiap tahunnya.

Dilihat dari letak geografisnya bahwa SMK Teladan berada di DKI Jakarta  yang menjadi pusat perhatian publik dalam keyakinannya untuk memperoleh ilmu pengetahuan pada sebuah perguruan yang punya fasilitas lengkap dan berdisiplin tinggi, dengan demikian Yayasan melihat bahwa sumber siswa dari SMP akan  siap ditampung untuk dididik di sekolah dimaksud.

Pemerintah  telah mencanangkan program percepatan penuntasan Wajib Belajar. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat atas (SMA/SMK/MA) dengan alasan ekonomi yang tidak mampu. Dengan alasan tersebut, YAYASAN GOLDEN NUSANTARA bermaksud mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) TELADAN dengan Program keahlian Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan.

SMK Teladan didirikan pada tanggal 01 Juni 1989 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : Kep 014/I01.A1/I/91 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) TELADAN  berlokasi di JI. Anggrek Cenderawasih XI RT 001 / RW 04 No. 28 Slipi Palmerah Jakarta Barat, Telp/fax ( 021 ) 53690397,91673694 dengan NSS 662016206500, NPSN 20101490.

Dengan demikian, SMK TELADAN mencoba ambil bagian dalam mensukseskan pencanangan program pemerintah tersebut sekaligus dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan beberapa alasan berikut:

  1. Masih banyak anak usia Wajib Belajar yang ditemui belum menikmati pendidikan Sekolah Menengah Tingkat Atas secara keseluruhan di Kecamatan Palmerah dengan alasan ketidak mampuan orang tua untuk membiayai pendidikan mereka.
  2. Terlalu tingginya biaya pendidikan untuk kalangan ekonomi lemah, sehingga anak   dijadikan “korban” dan kebijakan orang tua akibat rendahnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan.
  3. Tuntutan ekonomi keluarga, sehingga anak dipekerjakan untuk membantu  orang tua agar tetap hidup dan bertahan di tengah tantangan dan persaingan hidup yang serba materialistis di tengah kehidupan yang semakin sulit dan arus deras gobalisasi.
  4. Dipilihnya SMK (bukan SMA) dengan alasan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih kreatif dan terampil tanpa mengurangi kualitas pendidikan di tingkat menengah atas dengan harapan mempersiapkan tenaga profesional dibidangnya yang mampu membuka lapangan pekerjaan baru yang lebih layak dalam rangka peningkatan tarat hidup mereka.

 Kiranya empat alasan di atas yang menjadi pertimbangan bagi SMK TELADAN untuk menawarkan diri dan berperan serta dalam bidang pendidikan dengan biaya terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat namun dengan kualitas pendidikan yang Insya Allah dapat diharapkan oleh masyarakat.